widget

Anda ingin membuat buat Buku Tamu seperti ini?
Klik di sini

This is default featured post 1 title

PERJALANAN KE ACEH TENGGARA MENYALURKAN SUMBANGAN UNTUK KORBAN BANJIR BANDANG.

This is default featured post 2 title

PESERTA DARI ACEH LK-II HmI Cab. BANDUNG BERTEMPAT DI KAMPUS UNISBA BANDUNG.

This is default featured post 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured post 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured post 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

Sunday, September 30, 2012

Ilmuwan Ciptakan Robot Bertenaga Kotoran Manusia

LONDON - Para ilmuwan di Bristol untuk pertama kalinya memamerkan sebuah robot baru yang menggunakan tenaga tak biasa, kotoran manusia.

Dalam penjelasannya disebutkan bahwa robot yang diberi nama The EcoBot III berhasil ‘’dihidupkan’’ dari limbah dengan mengubah energi dari limbah kaya nutrisi menjadi listrik.

Proyek ini dikerjakan oleh Laboratorium Robotik Bristol, dan mereka berharap robot ini bisa meningkatkan cara pengelolaan limbah dalam pembangkit limbah yang hemat biaya energi.

Robot ini terbentuk dari dari baterai yang menghasilkan listrik, nampan untuk menahan limbah dan bahkan topi perangkap lalat.

Laboratorium Robotik Bristol meyakini bahwa ini adalah untuk pertama kalinya ilmuwan mengembangkan robot jenis ini - berbahan bakar kotoran manusia.

Saturday, September 29, 2012


KEUDE KOPI NARASA Simpang Buloh, Cunda..Wakil Sekjen Partai Golkar Nurul Arifin mengatakan, pernyataan Sekretariat Kabinet Dipo Alam mengenai daftar pejabat politikus dan pejabat Partai Golkar paling banyak bermasalah dengan dugaan korupsi, tendensius.
Nurul Arifin menyebut rilis Dipo Alam bersifat provokatif dan mengadu domba. Pasalnya, kepala daerah dan birokrat adalah bagian dari pemerintah. Artinya, sambung Nurul, artibut kepartaian dicopot saat dilantik.
"Ketika mereka dilantik, maka atribut kepartaian yang melekat pada dirinya sudah ditanggalkan dan mereka menjadi bagian dari pemerintahan," ungkap Politisi Golkar ini kepada Tribun, Jakarta, Sabtu (29/9/2012).
Itu berarti, tegasnya lagi, jika organ pemerintah itu melakukan tindak korupsi maka yang harus dipertanyakan adalah kemampuan leadership dari pemimpinnya yang tidak dapat mengendalikan perilaku koruptif tersebut.
Kalau itu yang terjadi, tegas dia, bukti ketidakmampuan pemerintah mengawasi aparat di bawahnya.
Apalagi,  Dipo Alam adalah bagian dari pemerintah dan merupakan pejabat negara yang seharusnya melakukan koreksi terhadap kasus-kasus tersebut. "Bukan hanya cari panggung dengan menjual isu yang belum jelas perkaranya," kritiknya.
"Partai tidak ada urusannya dengan perkara-perkara korupsi yang terjadi di lingkup pejabat negara tersebut," Nurul menambahkan.
Karena itu, Nurul meminta kepada Dipo Alam untuk tidak perlu membawa-membawa partai. "Tanyakan saja kepada pemerintah mengapa mereka tidak dapat sanggup kendalikan perilaku korup aparat di bawahnya," tandasnya.
Sebelumnya, Jumat (29/9/2012) kemarin, Sekretaris Kabinet (Seskab) Dipo Alam mengungkap pejabat dari partai politik (parpol).
Di antaranya Partai Golkar dan PDI Perjuangan (PDIP) mendominasi latar belakang pejabat negara yang dimohonkan izin persetujuan tertulis Presiden untuk pemeriksaan berbagai kasus selama periode Oktober 2004 – September 2012, yakni 36,36 persen dan 18,18 persen.
Seskab mengemukakan, selama periode Oktober 2004 – September 2012, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah mengeluarkan 176 izin tertulis untuk penyelidikan pejabat negara yang diajukan oleh Kejaksaan Agung (82 permohonan); Kepolisian RI (93 permohonan); dan Komandan Puspom (1 permohonan).
Dari 176 persetujuan itu, untuk pemeriksaan Bupati/Walikota sebanyak 103 izin (58,521 persen); Wakil Bupati/Wakil Walikota 31 izin (17,61 persen); anggota MPR/DPR 24 izin (13,63 persen); Gubernur 12 izin (6,81 persen); Wakil Gubernur 3 izin (1,70 persen); anggota DPD 2 izin (1,13 persen); dan Hakim MK 1 izin (0,56 persen).
Adapun menurut latar belakang pejabat negara yang dimohonkan izin pemeriksaannya adalah: Golkar 64 orang (36,36 persen); PDIP 32 orang (18,18 persen); Partai Demokrat 20 orang (11,36 persen); PPP 17 orang (3,97 persen); PKB 9 orang (5,11 persen).
Kemudian, PAN 7 orang (3,97 persen); PKS 4 orang (2,27 persen); PBB 2 orang (1,14 persen); PNI Marhaen, PPD, PKPI, Partai Aceh masing-masing 1 orang (0,56 persen); Birokrat/TNI 6 orang (3,40 persen); independen/non partai 8 orang (4,54 persen); dan gabungan partai 3 orang (1,70 persen).

Monday, September 24, 2012

Mesin Penyaring Udara





Udara bersih adalah Kebutuhan tiap saat tubuh manusia karena manusia butuh udara bersih, saat anda lelah sebaiknya anda mengkonsumsi udara bersih lebih banyak karena itu berfungsi untuk memulihkan kesehatan anda agar badan anda kembali fit, alangkah enaknya bila di rumah anda ada alat penghasil oksigen sendiri yang di ambil dari udara sekeliling anda yang gunanya menyaring udara yang ada di sekeliling anda.

Alat Penghasil Oxigen Concentrator bermanfaat untuk Terapi Oksigen Portable OXI Air, adalah alat penghasil oksigen yang diambil dari udara sekitarnya hingga 40%. Anda tidak memerlukan tabung oksigen, karena

Sunday, September 23, 2012

Mengenal Jenis Teknik Percetakan Yang Terkenal




percetakan, Apa yang pertama anda pikirkan pertama kali jika mendengar kalimat tersebut,.pastinya anda akan berpikir tentang suatu teknologi yang memungkinkan kita dapat mencetak aneka gambar, tulisan, dll pada suatu bidang yakni bisa kertas ataupun bahan seperti spanduk. Pada zaman modern sekarang ini, bisnis percetakan sendiri banyak sekali menawarkan kemudahan untuk para penggunanya selaku para para pebisnis yang bergerak di bidang cetak mencetak yang satu ini, lantas cetak bagaimanakah yang selama ini menjadi ladang uang bagi sebagian orang? Yuuk cekidot :
  • Percetakan Offset
Offset printing disini lebih di tekankan kepada kecepatan dan ketepatan dalam memproses percetakan dalam jumlah yang cukup besar, tidak melulu karna faktor Mesinnya aja, tetapi offset printing bergantung pada banyak hal seperti : Operator cetak, tinta, dan Quality pasca cetak yang dapat memastikan hasil cetak jadi lebih sempurna.
  • Screen Printing / Sablon Manual
Inilah teknik cetak yang paling umum biasa digunakan oleh sebagian orang di dunia sebagai salah satu teknik cetak paling sederhana dan mudah di terapkan. Teknik cetak yang lebih menekankan oplagh yang relative sedikit ketimbang Offset printing, membuat cetak sablon lebih disukai karena jauh lebih efektif dan dengan hasil yang berkualitas
  • Digital Printing
Digital Printing adalah salah satu hasil dari kemajuan zaman saat ini, menggunakan media komputerisasi sebagai inputnya, dan mesin Printing pada outputnya..Membuat digital printing menjadi primadona baru sebagai salah satu metode Printing Instan berteknologi tinggi dengan hasil berkualitas dan tanpa minimum order serta ukuran yang di batasi..
Semoga berguna

Saturday, September 22, 2012

Tips Mendapatkan Jasa Percetakan Murah Meriah


Ketika anda ingin mencari jasa percetakan sebaiknya anda harus lebih teliti lagi, mengapa? Menentukan jasa percetakan yang baik jangan hanya di lihat dari sisi harga saja tetapi cobalah lihat dari sisi lain seperti kualitas materialnya,finishingnya, hingga layanannya. Namun bagi anda yang benar-benar mempunyai buget terbatas dan ingin menggunakan jasa percetakan murah , anda bisa menyimak tips sederhana berikut ini agar tak salah memilih :
  • Pertama anda harus terlebih dahulu berkonsultasi kepada si pencetak, tanyakan kepada mereka ukuran cetak yang dapat mereka kerjakan untuk anda, sebisa mungkin anda berikan jenis cetakan yang lebih sederhana dan dengan ukuran kecil, karena hal tersebut bisa sedikit menghemat buget anda tentunya.
  • Buatlah rencana jumlah cetak yang anda inginkan, lebih efektif lagi jika anda bisa menemukan jasa percetakan murah tanpa memikirkan batas minimum order
  • Jangan pernah takut untuk menawar apabila anda diberikan harga oleh si pencetak, biasakan meminta keringanan harga sebelum anda mencapai kata sepakat
  • Lebih mudah anda mencari jasa percetakan melalui rekanan atau rekomendasi dari teman anda mengenai tempat percetakan murah yang berpengalaman, sehingga anda akan mendapatkan harga khusus tentunnya
  • Jangan pernah takut untuk mencari langsung informasi mengenai jasa percetakan di internet, ingatlah bahwa sosial media saat ini lebih ampuh dari pada anda mencari di mesin pencari sekalipun..
So happy hunting

Tips Pemakaian Fan Untuk Mendinginkan PC





Saat menggunakan pc biasanya orang lebih memperhatikan soal suhu pc tersebut agar bisa bermain lama dengan komputer untuk melakukan aktifitas kerjaan mereka, biasanya orang memperbanyak ven untuk mendinginkan suhu pc di dalam pc.

dalam prakteknya, pemberian kipas dengan cara tersebut pada PC kuranglah efektif, secara logika kita akan melihat, sebuah Bara Api akan semakin meningkat suhu panas-nya jika mendapatkan tiupan angin yang semakin kencang, hal ini dapat kita jadikan acuhan bahwasanya sebuah komponen komputer di dalam chasing akan semakin panas jika angin yang masuk semakin Besar,
langkah pemasangan yang dapat kita lakukan adalah dengan mengarahkan sebagian Fan / kipas kearah luar PC, jika kita hendak memasang lebih dari satu FAN, maka usahakan untuk memberikan arah keluar dan masuk dengan nilai 50 : 50, contoh jika ada 2 buah FAN yang ingin kita pasang usahakan untuk memasang satu FAN kearah dalam dan satu FAN ke arah luar.
Trik ini bisa menjadi sebuah alternatif untuk menghemat penggunaan daya, dan tidak perlu menggunakan FAN dengan ukuran Besar, karena yang kita ciptakan adalah sebuah sirkulasi udara didalam PC, sebuah sirkulasi udara yang keluar masuk PC secara stabil akan lebih memberikan ketahanan suhu dalam kondisi yang kita harapkan di banding membombardir perangkat keras komputer dengan FAN Besar ke arah Dalam.

Hindari pemakaian kipas angin dengan membuka tutup chasing PC, sekilas perlakuan ini akan memperbaiki kinerja PC dengan menciptakan suhu lebih dingin, namun dalam realita, hal ini justru akan menjadi boomerang bagi PC kita, saat kipas dimatikan dan komputer mati, maka suhu panas di dalam komputer akan semakin tinggi, dan ini adalah kondisi yang kurang bagus untuk sebuah PC.

Dengan membuat sebuah sirkulasi udara dalam PC, kita telah menjaga Suhu dingin dalam PC baik saat komoputer hidup maupun kopmuter mati ( artinya tidak ada peningkatan suhu saat komputer di matikan ) Demikian caranya agar suhu pc anda tetap terjaga dan komponen pc anda tidak cepat rusak, temukan info menarik tentang jual meja laptop portable

Friday, September 21, 2012

Trik Sederhana Memperbaiki DVD Player Yang Rusak





Memperbaiki dvd player memang mahal bila anda bawa ketukang reparasi elektronik, lebih baik anda memperbaiki sendiri dirumah tentunya bisa menghemat pengeluaran uang anda, beikut ini ada beberapa cara sederhana memperbaiki dvd player:

Memperbaiki kerusakan DVD player yang tidak mau membaca disc :
- Pertama ganti aja motor servo di bagian depan optik, atau ganti kabel flexible optik.
- jika dua langkah tersebut DVD player masih tidak mau baca disc, ganti optiknya.

Memperbaiki DVD player yang mati total anda bisa chek bagian regulatornya:
- Bisa anda ganti bagian dioda yang rusak atau IC power supply, Biasanya type DH321
- Atau bisa juga ganti modul power supply, anda hanya menyesuaikan
tegangan 5 volt dan 12 volt saja untuk penggantian power supply.

Demikian tipsnya dalam memperbaiki dvd player semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda temukan info menarik tentang dvd player portable reviews

Thursday, September 20, 2012

Step Memasang Memori Komputer





Memasang memori komputer memang juga harus berhati-hati karena, bila anda terbalik memasangnya maka memori tersebut tidak akan masuk kedalam slotnya alias nongol bila di paksakan dalam kondisi tersebut lalu di nyalakan maka memori akan terbakar oleh tegangan listrik jadi memasanya harus benar dan memilih memori komputer juga harus sesuai spesifikasi komputer anda, berikut ada beberapa tips untuk anda:

  • Periksalah terlebih dahulu kemampuan maximum Memori Sistem pada Motherboard PC anda (Baca buku panduan-nya).
  • Agar optimal dan tidak mubazir, Jangan beli RAM dengan kapasitas kecepatan melebihi kemampuan Memori Sistem pada Motherboard Komputer/Laptop anda, misalkan tiap slot memory RAM maximal mendukung DDR2 PC5300 667Mhz 2GB. maka jangan membeli RAM diatas kecepatan maximal tersebut.
  • Pastikan kedua RAM (atau lebih) yang akan dipasang mempunyai kecepatan yang sama. Paling bagus jika sama merek dan mempunyai kecepatan yang sama.
  • Jika ternyata anda sudah mempunyai RAM dan hanya inging Menambah (meng Upgrade). kalau bisa carilah merek dengan kecepatan RAM yang sama. Namun jika ternyata tidak menemukan merek yang sama, pastikan anda memilih RAM yang mempunyai kecepatan sama/indentik (Beda merek tidak apa-apa yang penting kecepatan sama/indentik).
  • Oh ya khusus untuk poin 4 (Menambah RAM), periksalah spesifikasi yang ada sebelum membeli RAM tambahannya untuk di samakan spesifikasinya. Biasanya tertera pada kepingan RAM itu sendiri, atau jika tidak mau repot, silahkan gunakan aplikasi CPU-Z untuk memeriksa spesifikasinya (lihat informasi Speed RAM pada tab Memory dan SPD pada aplikasi CPU-Z).

Demikian tipsnya dalam memasang memori komputer semoga bermanfaat untuk anda, temukan info menarik tentang komputer rakitan gaming

Wednesday, September 19, 2012

Cara Memasang Mainboard Yang Benar





Memasang mainboard sesuai dudukannya pada cassing memang bukan hal yang sulit tapi juga bukan hal yang gampang karena hal tersebut juga perlu kehati-hatian bila kesenggol sampai patah atau lecet mainboard anda maka awas bisa jadi mainboard anda tidak sempurna lagi jadi perlu hati-hati, berikut ini ada beberapa tips untuk anda memasang mainboard yang benar sesuai dengan dudukan casingnya:

1. Kenal pasti lokasi rear panel cover. Pasang rear panel cover dari dalam casing. Gunakan test pen atau screw driver minus bersaiz kecil untuk memasang rear panel cover.
2. Kenalpasti lokasi stud dan lubang untuk dimasukkan screw motherboard.
3. Masukkan motherboard dengan cara memasukkan motherboard ke dalam rear panel cover terlebih dahulu. Berhati-hati supaya tiada komponen motherboad yang patah/rosak dengan cara memegang bahagian tepi casing sahaja.
4. Gerakkan motherboard ke arah lokasi lubang screw yang betul.
5. Screw motherboard dengan menggunakan screw driver dan jenis screw yang betul. Untuk memudahkan kerja, sila screw mengikut susunan yang bertentangan terlebih dahulu (seperti memasang roda kereta), kemudian baru ketatkan semua screw.
6. Pastikan screw yang dipasang tidak longgar supaya motherboard tidak tertanggal. Pastikan juga screw yang dipasang tidak terlalu ketat supaya tidak merosakkan/memecahkan motherboard.
7. Motherboard telah siap dipasang. Periksa semula bagi memastikan tiada kesilapan dilakukan.

Demikian tipsnya dalam memasang mainboard pada cassing komputer anda temukan info menarik tentang komputer rakitan buat game

Tuesday, September 18, 2012

Indonesia Bisa Jadi Pusat Trend Baju Muslim Terbesar


Indonesia seharusnya bisa menjadi Icon Fashion Baju Muslim Dunia Lho..wah koq bisa? Sadarkah anda jika gaya baju muslim di Indonesia mempunyai sesuatu yang menarik di dalamnya, hal yang membuatnya tampak menarik adalah para wanitanya bisa berdandan bebas tanpa memikirkan batasan yang ada seperti di timur tengah, dimana pusat baju muslim tersebut berada. Bisa dibilang pergerakan trend baju muslim di Indonesia sangat ekspresif dan dinamis kreasinya, maka tak salah jika pemerintah Indonesia mencanangkan tema “Indonesia Menuju Kiblat Fashion Muslim Dunia Tahun 2020”.
Hal ini didasarkan pada fakta kuat yang menyatakan bahwa Industri Baju Muslim di Indonesia saat ini menyumbang sebesar 30% dari total pendapatan Negara di bidang Industri Fashion dan Mode kreatif. Dengan embel-embel Indonesia sebagai Negara dengan populasi muslim terbesar di dunia, dan dengan di support sumberdaya manusia kreatif yang melimpah dengan kekayaan budayaanya, disinyalir membuat Indonesia menjadi Pusat Mode Baju Muslim Dunia selain Turki dan Maroko.
Hal ini pun di amini oleh salah seorang desainer busana muslim asal paris prancis Kim Laursen yang mengatakan :
“Indonesia memiliki segalanya di sini. Kain yang bagus, sumber daya manusia, dan kreativitas. Saya rasa Anda tidak perlu ke Paris, Indonesia dapat menjadi kiblat busana muslim dunia,”
Menurut Kim Laursen. Yang perlu di tekankan adalah Indonesia hanya perlu menentukan standar produksi dan kualitas yang lebih tinggi dalam membuat pakaian jadi. Karena sejatinya bagi Kim konstruksi, material hingga finishing dalam menciptakan suatu baju muslim merupakan hal yang tak bisa di tawar lagi apabila Indonesia ingin menghasilkan baju muslim yang berkualitas dunia.
Semoga berguna.

Monday, September 17, 2012

Mau Tahu Tentang Memory Komputer Terbaik




Memory komputer adalah salah satu bagian terpenting dari CPU komputer karena memegang peranan penting dalam menjalankan aktifitas komputer dari cpu tersebut, bila tidak ada memory komputer makan komputer tersebut tidak dapat menjalankan aktifitasnya seperti biasa anda mainkan untuk melakukan pekerjaan anda, berikut ini ada beberapa tips dalam memilih memory komputer:

Pilih memory dengan jumlah ganda apabila motherboard Anda mendukung dual channel. Sebagai contoh, “pilihlah sepasang memori dengan kapasitas masing-masing 512 MB ketimbang membeli sekeping memori dengan kapasitas 1 GB”. Dukungan Dual Channel memungkinkan performa sistem komputer Anda akan tampil jauh lebih baik dengan menggunakan dua keping memori ketimbang menggunakan memori tunggal meski berkapasitas besar;
Carilah vendor yang telah memiliki reputasi baik dalam penjualan dan layanan purna-jual. Anda dapat menggunakan jumlah service center yang dimiliki serta lama garansi sebagai tolok ukur ini;
pilihlah memori dengan chip yang telah dikenal. Hindari memilikih memori dengan chip aneh alias Anda tidak tahu siapa pembuatnya. Nama-nama seperti Samsung, Infineon, atau Corsair dlsb dapat Anda jadikan referensi. Ini penting karena beberapa MoBo menyarankan chip tertentu untuk dukungan kesesuaian;
hindari membeli memori tray alias tidak dalam kemasan. Di pasar saat ini banyak sekali dijual memori tanpa kemasan. Meski dilabel dengan berbagai merek ternama, jangan mudah tergoda untuk membeli memori jenis ini. Resiko tingkat kerusakan akibat listrik statik yang sangat tinggi ditambah lagi resiko data korup akibat chip yang rusak akan menghantui kestabilan PC Anda.
Jika Anda sering menggunakan komputer dalam jangka waktu yang lama, pastikan untuk memilih memori yang dilengkapi dengan heat spreader. Harga memori jenis ini pada umumnya lebih mahal ketimbang memori standar. Meskipun demikian, performa dan kestabilan yang ditawarkan memori jenis ini sangat bagus;
Jangan terjebak dengan janji life time warranty. Di Indonesia, definisi garansi jenis ini masih dipertanyakan. Definisi life time warranty menurut Hukum Dagang Internasional adalah sebatas teknologi produk yang bersangkutan masih ada dan proses produksinya masih dijalankan;
Pilih memori dengan angka latency terendah. Jangan terjebak pada FSB atau throughput memori.

Demikian tipsnya semoga bermanfaat untuk anda dalam memilih memory komputer yang tepat, temukan info menarik tentang harga komputer rakitan core i7

Sunday, September 16, 2012

Tips Mencetak Brosur Agar Efektif Dan Murah

Brosur merupakan salah satu media promosi atau perkenalan paling sederhana dan efektif sebenarnya jika di lihat dari segi cost dan fleksibilatasnya, mengapa tidak? Dengan buget yang minim saja anda dapat mempromosikan produk ataupun jenis usaha yang anda ingin tawarkan kepada para calon konsumen. Tetapi perlu di ingat, sekalipun anda men cetak brosur dengan buget minim, tetapi ada satu hal yang tidak boleh anda lupakan begitu saja apakah itu?

http://media2.id.88db.com/DB88UploadFiles/2011/08/19/EA303647-3B61-4EF0-AD8D-CC2CD0F099C6.gif

Design, ya dari sisi inilah suatu brosur dapat di katakana bagus atau tidaknya.,jika suatu brosur

Saturday, September 15, 2012

Langkah-langkah Perawatan CPU komputer





CPU komputer merupakan pusat dari pengoperasian komputer yang anda pakai semua pemrosesan data dll ada dalam CPU, jadi bila anda ingin performa komputer anda selalu maksimal, rawatlah cpu anda dengan baik supaya performanya dapat terus bertahan, berikut ada beberapa tips untuk anda merawat cpu yang baik:

1. Pakailah UPS ( Uninterruptible Power Supply ) atau Stabilizer / Stavolt. Kalau bisa kedua-duanya UPS berguna untuk mengantisipasi listrik mati secara tiba-tiba yg dapat mengakibatkan kerusakan pada harddisk. Kalau tidak ada UPS gunakan lah Stavolt untuk mengantisipasi naik turunnya tegangan listrik.

Friday, September 14, 2012

Step Pilih Power Supply Untuk PC





Power supply adalah bagian dalam CPU yang berfungsi sebagai pensupply tegangan listrik, Power supply juga biasa disebut dengan power conversion karena fungsi utama dari power supply adalah mengubah arus listrik bolak – balik / AC (arus listrik yang dari PLN) menjadi arus searah /DC, berikut cara memilihnya:

Menentukan besar daya (Watt) yang Anda butuhkan. Perhitungkan daya yang dibutuhkan oleh komponen hardware yang terinstall di PC Anda.
Mencari power supply yang memiliki efisiensi peringkat tertinggi. Power supply apa saja dengan kondisi 80% keatas adalah power supply dengan kondisi yang baik (jika ini memang benar yang tertulis pada lebelnya).

Pilihlah power supply dengan ketahanan yang baik. Tak ada jaminan semua power supply yang beredar di pasaran mampu menangani perubahan arus listrik dengan baik. Ada korelasi kuat antara berat dengan kualitas. Contohnya begini : komponen yang lebih besar (dalam hal ini yang dimaksud adalah kapasitor) lebih toleran terhadap power supply yang handal. Perhatikan juga pada sebuah kipas pendinginnya yang berukuran 120mm yang buruk, karena tidak diberikan pendinginan yang baik, komponen yang akan didinginkan harus lebih kuat dikemas. Jika Anda tidak peduli terhadap kebisingan kipas, sebuah kipas pendingin 80mm dapat dipasangkan di bagian belakang power supply mungkin akan membantu meringankan beban suhu yang ada di dalam power supply.

Mengetahui jumlah rails. Ibarat rumah Anda yang melayani banyak sumber daya, ini mencakup sebuah pemutus utama besar dan dibagi menjadi pemutus sirkuit yang lebih kecil. Begitu pula sebuah power supply berkapasitas tinggi, tentunya harus membagi output mereka menjadi beberapa sumber atau disebut dengan rails, yang masing-masing dengan batas arus yang lebih kecil. Standar keselamatan yang relevan memerlukan batas 20A, ini dengan memperhatikan bahwa kabel yang lebih kecil dari yang digunakan di rumah Anda untuk arus 15A. Intinya sebuah desain power supply dengan rails tunggal tidak merupakan tanda dair power supply berkualitas rendah, namun jika ada sebuah power supply yang memiliki desain rails ganda akan lebih baik.

Memperhatikan konektor yang dibutuhkan. Power supply baru semua sudah dibekali dengan konektor 24-pin ATX yang juga bisa berfungsi sebagai konektor 20-pin. Biasanya, sebagian besar Motherboard Pentium 4 dan Athlon 64 CPU (dan sebelumnya) akan membutuhkan 20-pin konektor ATX. Sedangkan motherboard baru sudah didesain dengn 24-pin konektor ATX. Power supply juga memberikan pin 4-pin dan 8-pin konektor 12V tambahan untuk motherboard, dan hanya power supply yang baru memiliki saatu atau lebih 6-pin konektor PCI-E untuk VGA (kartu grafis). Untuk itu Anda harus benar-benar memperhatikan konektor yang ada pada masing-masing komponen PC Anda tersebut.

Mengutamakan power supply modular. Hal ini akan menghemat ruang, utamanya jika case yang Anda gunakan tidak memiliki ruang untuk manajemen kabel. Anda lebih leluasa mengatur banyaknya kabel dari power supply menuju masing-masing komponen yang memerlukan power dan tidak ada kabel yang tersisa di dalam casing yang percuma. Sebaiknya untuk casing komputer yang besar carilah power supply modular yang berkabel panjang.

Mengetahui ampere tegangan masing-masing. Watt (nilai daya) sebuah power supply tidak kondusif untuk menentukan besarnya ampere pada setiap tegangan tertentu. Semua power supply memiliki label dengan nilai ampere mereka, yang dinilai pada setiap tingkat tegangan. Label ini merupakan sebuah informasi penting yang harus diketahui ketika kita akan membeli power supply. Sebagaimana telah disebutkan di atas, sebuah power supply 550W mungkin terdengar cukup, tetapi jika arus listrik 12V rendah atau kurang (12V x 25A) makan hasilnya adalah 300W, tidak mungkin sempurna untuk kebutuhan PC yang memerlukan daya minimal 500W tersebut.

Demikian tipsnya semoga bermanfaat untuk anda dalam memilih power supply yang tepat untuk komputer anda, temukan info menarik tentang harga komputer rakitan core i5

Permasalahan Umat Islam Saat Ini


Permasalahan Umat Islam Saat Ini
  1. Latar Belakang.
Kondisi  umat islam saat ini jauh berbeda dengan kondisi  umat islam terdahulu. Kondisi umat islam saat ini diperparah dengan adanya fenomena jauhnya umat islam dengan Al-Qur’an dan As-Sunnah yang seharusnya menjadi pedoman hidup mereka. Banyak para ulama mengatakan bahwa salah satu faktor jauhnya umat islam terhadap Al-qur’an adalah mewabahnya penyakit “Al-Wahn”, yaitu suatu penyakit yang cinta dunia dan takut mati.
Hal ini dapat kita lihat dari berbagai permasalahan-permasalahan yang melanda baik di Indonesia sendiri maupun diluar Indonesia. Factor jauhnya umat islam dengan Al-Qur’an adalah besarnya pengaruh dari media dan teknologiyang secara tak langsung telah memecah umat islam dalam berbagai aspek kehidupan. Seperti contoh, film dokumenter “FITNA” yang telah menjadi kontrofersi.
Selain permasalahan jauhnya dari Al-qur’an, ada juga permasalahan-permasalahn lainnya. Yaitu, masalah dalam berda’wah, masalah dalam menghadapi permurtadan saat ini, dan masalah dalam kepedulian terhadap sesama muslim yang sangat kurang atau dengan kata lainnya ukhuwah islamiyah yang belum terikat satu sama lainnya.
Sebenarnya masalah yang mendasar dalam permasalah umat islam saat ini adalah jauhnya umat islam terhadap Al-qur’an, maka di artikel ini kami hanya membahas permasalahan tersebut.

Informasi Beasiswa BCA


Silakan Lihat Brosur dibawah ini, jika kurang jelas, Klick pada perintah “CLICK HERE” pada sudut gambar bawah…!

selamat menCOBA…!
Ingat…..!
walau menCOBA belum tentu BERHASIL, tapi TIDAK mau mencoba sudah pasti GAGAL…!

Thursday, September 13, 2012

iPhone 5 Terbaru yang Super Slim

Smartphone Apple iPhone 5 dikabarkan akan hadir di akhir tahun ini, dengan adanya pengumuman resmi di bulan Juni dalam event Apple Worldwide Developer Conference (WWDC). Berita yang beredar, seperti yang dikutip dari Mashable, iPhone 5 ini akan dibuat dari LiquidMetal, campuran dari sejumlah logam yang membuat ponsel tersebut lebih tahan banting. Tidak terbuat dari plastik, namun kuat seperti alumunium, dan lebih ringan juga slim.

Berukuran 4.14″ x 2.25″, konsep iPhone 5 ini hanya memiliki tebal 7mm dan layar berukuran 4 inch display multitouch. Dilengkapi pula kamera 10MP, camera depan 5MP untuk video chatting, dan speaker yang bagus untuk mendengarkan nada dan menonton video, baik dalam modus portrait ataupun landscape. Informasi lainnya, iPhone 5 ini juga akan memiliki update spesifikasi, termasuk processor yang lebih cepat dan kemampuan NFC. Namun, sayangnya belum ada spesifikasi lebih lanjut mengenai smartphone ini.

Jangan Pakai Firefox dan Chrome di Windows 8

Seperti yang dilansir dari CNET, OS Windows 8 yang berjalan di atas prosesor ARM melarang browser selain Internet Explorer untuk berjalan dalam mode Windows Classic. Tidak hanya dalam mode Windows Classic, dalam mode Metro, Windows ARM mengakses Application Programming Interface (API) yang menolak keberadaan browser pihak ketiga.


BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang Masalah

Himpunan Mahasiswa Islam atau lebih dikenal dengan HMI yang baru saja selesai memperingati milad ke 63 pada beberapa bulan yang lalu merupakan sebuah organisasi kader yang masih eksis hingga saat ini, HMI yang tujuannya dijabarkan yaitu pasal 4 Anggaran Dasar HMI, yang pada akhirnya adalah untuk mewujudkan masyarakat adil makmur yang diridhai Allah SWT, memiliki begitu bayak kader yang telah berbuat untuk bangsa ini.
HMI sebagai sebuah organisasi perkaderan yang telah berusia setengah abad lebih tentunya telah banyak mempunyai kader yang lahir sebagai hasil dari perkaderan yang dilakukan oleh HMI itu sendiri. Dalam dunia perkaderan HMI terjadi transformasi nilai-nilai Islam sebagai dasar dari perjuangan  HMI,  tranfsformasi nilai-nilai islam yang ada di tubuh HMI adalah bagian dari Nilai-Nilai Dasar Perjuangan yang merupakan kerangka landasan filosofis dan idiologis sekaligus spirit atau semangat perjuangan. Dalam perjalanan sejarah  perumusan NDP yang diawali oleh Nurcholish Madjid pada awalnya hanya sebuah buku untuk memahami tentang islam selanjutnya berubah menjadi dasar-dasar islamisme bahkan pada saat keluar peraturan mengenai azaz tunggal NDP pernah berubah nama menjadi Nilai Identitas Kader. NDP membantu para kader baru untuk memahami posisinya sebagai individu di mata Tuhan dan juga dalam himpunan dan masyarakat. Selain itu juga mengajarkan untuk memahami hakikat keberadaan Tuhan dan fungsi manusia di dunia.
NDP sebagai landasan filosofis dan ideologis HMI merupakan bagian yang telah membentuk kepribadian bagi setiap kader HMI, NDP yang dalam perjalanan sejarah HMI di susun oleh Nurcholish Madjid saat kongres ke 25 di Makasar telah mengalami beberapa perubahan namun pada dasarnya yang dimaksudkan tetap sama.
Karena NDP merupakan bagian yang terpenting dalam HMI maka pemahaman mengenai NDP juga harus dimiliki oleh setiap kader, didalam NDP ada kerangka berfikir atau landasan berfikir bagi kader, disinilah tertutut peranan epistimologi yaitu bagaimana usaha-usaha kader untuk menelaah dan mengkaji objek kebenaran. Mengkaji tentang dasar dasar kepercayaan  untuk menemukan kebenaran yang hakiki. dan untuk menemukan kebenaran yang hakiki tentunya ilmu pengetahuan juga mempunyai pengaruh yang sangat penting bagi prilaku manusia tersebut.
Perilaku organisasi adalah suatu studi yang menyangkut aspek-aspek tingkah laku manusia dalam suatu organisasi atau suatu kelompok tertentu. Ia meliputi aspek yang ditimbulkan dari pengaruh manusia terhadap organisasi.[1]
Sebagaimana kita ketahui, HMI merupakan organisasi kemahasiswaan yang bernafaskan islam dan bersifat independen. Dan sejak kelahirannya hingga kini telah mampu menunjukkan kiprahnya dalam kehidupan bermasyarakat bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Namun demikian, seiring dengan dinamika sejarah bangsa Indonesia, adakalanya HMI mengalami fase pasang naik dan pasang surut. Akan tetapibagaimanapun HMI telah memberikan peran dan andil tersendiri dalam perjuangan mempertahankan dan mengisi kemerdekaan, dari mulai kelahirannya hingga kini.[2]
Berdasarkan latar belakang diatas, penulis tertarik untuk membuat suatu tulisan, disamping sebagai salah satu syarat mengikuti Latihan Kader II, Penulis mencoba mengemas tulisan ini dalam sebuah makalah dengan judul “Internalisasi NDP untuk mewujudkan Kader HMI yang berkualitas”.

1.2  Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah disampaikan di atas, dapat kita pahami ada beberapa permasalahan yang akan dibahas dalam makalah ini selanjutnya, diantaranya adalah sebagai berikut :
1.      Bagaimana Sejarah Lahirnya HMI ?
2.      Bagaimana Sejarah Lahirnya NDP ?
3.      Apakah yang dimaksud dengan “NDP Sebagai Landasan Idiologis HMI” ?
4.      Bagaimana Perkembangan Internalisasi NDP untuk mewujudkan kader HMI yang berkualitas ?

1.3 Tujuan Penulisan
Ada beberapa tujuan penulisan yang ingin penulis sampaikan diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Untuk mengetahui Sejarah Lahirnya HMI di Indonesia.
  2. Mengetahui sejarah lahirnya NDP sebagai landasan idiologis HMI.
  3. Untuk mengetahui dan memahami yang dimaksud dengan NDP Sebagai Landasan Idiologis HMI.
  4. Memenuhi salah satu syarat untuk mengikuti intermediate training                    ( Latihan Kader II)  Yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Islam  Cabang Bandung tanggal 27 Juli s/d 04 Agustus 2012.

1.4   Metode Penulisan
      Adapun metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode library research (penelitian kepustakaan), studi kepustakaan ini penulis gunakan untuk mendalami teori-teori dan hal lain yang ada dalam buku-buku serta tulisan-tulisan lainnya yang berkaitan dengan judul yang dibahas dalam tulisan ini.











BAB II
PEMBAHASAN
INTERNALISASI NDP UNTUK MEWUJUDKAN KADER HMI YANG BERKUALITAS

2.1 SEJARAH LAHIRNYA HMI

2.1.1 Pengertian Sejarah
            Sejarah, babad, hikayat, riwayat, atau tambo dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau atau asal-usul (keturunan) silsilah, terutama bagi raja-raja yang memerintah. Adapun ilmu sejarah adalah ilmu yang digunakan untuk mempelajari peristiwa penting masa lalu manusia. Pengetahuan sejarah meliputi pengetahuan akan kejadian-kejadian yang sudah lampau serta pengetahuan akan cara berpikir secara historis. Orang yang mengkhususkan diri mempelajari sejarah atau ahli sejarah disebut sejarawan.
            Kata sejarah secara harafiah berasal dari kata Arab (شجرة: Å¡ajaratun) yang artinya pohon. Dalam bahasa Arab sendiri, sejarah disebut tarikh (تاريخ ). Adapun kata tarikh dalam bahasa Indonesia artinya kurang lebih adalah waktu atau penanggalan. Kata Sejarah lebih dekat pada bahasa Yunani yaitu historia yang berarti ilmu atau orang pandai. Kemudian dalam bahasa Inggris menjadi history, yang berarti masa lalu manusia. Kata lain yang mendekati acuan tersebut adalah Geschichte yang berarti sudah terjadi.[3]
Dalam istilah bahasa-bahasa Eropa, asal-muasal istilah sejarah yang dipakai dalam literatur bahasa Indonesia itu terdapat beberapa variasi, meskipun begitu, banyak yang mengakui bahwa istilah sejarah berasal-muasal,dalam bahasa Yunani historia. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan history, bahasa Prancis historie, bahasa Italia storia, bahasa Jerman geschichte, yang berarti yang terjadi, dan bahasa Belanda dikenal gescheiedenis.
Menilik pada makna secara kebahasaan dari berbagai bahasa di atas dapat ditegaskan bahwa pengertian sejarah menyangkut dengan waktu dan peristiwa. Oleh karena itu masalah waktu penting dalam memahami satu peristiwa, maka para sejarawan cenderung mengatasi masalah ini dengan membuat periodisasi. Pengertian Sejarah menurut para ahli, yakni sebagai berikut :
  • J.V. Bryce
Sejarah adalah catatan dari apa yang telah dipikirkan, dikatakan, dan diperbuat oleh manusia.
  • Moh. Yamin
Sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan beberapa peristiwa yang dapat dibuktikan dengan bahan kenyataan.
  • Ibnu Khaldun (1332-1406)
Sejarah didefinisikan sebagai catatan tentang masyarakat umum manusia atau peradaban manusia yang terjadi pada watak/sifat masyarakat itu.
  • Moh. Ali
Moh. Ali dalam bukunya Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia, mempertegas pengertian sejarah sebagai berikut:
  1. Jumlah perubahan-perubahan, kejadian atau peristiwa dalam kenyataan di sekitar kita.
  2. Cerita tentang perubahan-perubahan, kejadian, atau peristiwa dalam kenyataan di sekitar kita.
  3. Ilmu yang bertugas menyelidiki perubahan-perubahan, kejadian, dan atau peristiwa dalam kenyataan di sekitar kita.
Dari beberapa uraian di atas dibuat kesimpulan sederhana bahwa sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari segala peristiwa atau kejadian yang telah terjadi pada masa lampau dalam kehidupan umat manusia. Dalam kehidupan manusia, peristiwa sejarah merupakan suatu peristiwa yang abadi, unik, dan penting.[4]


2.1.2. Latar Belakang Berdirinya HMI
            Missi HMI secara tersirat terlihat jelas dari latar belakang berdirinya HMI, dan secara tersurat terformulasikan dalaam rumusan tujuan pertama HMI. Lebih jauh mengenai latar belakang berdirinya HMI sebagai kajian yang terbaru dapat dilihat disertasi Agussalim Sitompul, yang dipromosikan tanggal 2 Juli 2001, dengan judul :”Pemikiran HMI tentang Keislaman-Keindonesiaan 1947-1997”. Latar belakang munculnya pemikiran dan berdirinya HMI adalah :
1.    Penjajahan Belanda atas Indonesia dan Tuntutan perang kemerdekaan.
2.    Kesenjangan dan kejumudan Ummat Islam dalam pengetahuan, pemahaman, penghayatan dan pengamalan ajaran islam.
3.    Kebutuhan dan pemahaman dan penghayatan keagamaan.
4.    Munculnya polarisasi politik.
5.    Berkembangnya faham dan ajaran komunis.
6.    Kedudukan perguruan tinggi dan dunia kemahasiswaan yang strategis.
7.    Kemajemukan bangsa Indonesia.
8.    Tuntutan modernisasi dan tantangan masa depan.[5]
                        Diatas paradigma (landasan,pijakan) latar belakang munculnya dan berdirinya HMI itu ditetapkan Missi HMI. Paradigma yang dimaksud bagi misi HMI, yaitu dapat membuat keadaan menjadi bermakna dan bernilai transendental. Tidak hanya sekedar itu, tetapi kreasi bentuk dengan nafas atau isi yang menghubungkan manusia dengan Allah SWT.[6]
                        Kalau ditinjau secara umum ada 4 (empat) permasalahan yang menjadi latar belakang sejarah berdirinya HMI, yaitu :

Pertama, Situasi Dunia Internasional.
Berbagai argumen telah diungkapkan sebab-sebab kemunduran ummat Islam. Tetapi hanya satu hal yang mendekati kebenaran, yaitu bahwa kemunduran ummat Islam diawali dengan kemunduran berpikir, bahkan sama sekali menutup kesempatan untuk berpikir. Yang jelas ketika ummat Islam terlena dengan kebesaran dan keagungan masa lalu maka pada saat itu pula kemunduran menghinggapi kita. Akibat dari keterbelakangan ummat Islam , maka munculah gerakan untuk menentang keterbatasan seseorang melaksanakan ajaran Islam secara benar dan utuh. Gerakan ini disebut Gerakan Pembaharuan. Gerakan Pembaharuan ini ingin mengembalikan ajaran Islam kepada ajaran yang totalitas, dimana disadari oleh kelompok ini, bahwa Islam bukan hanya terbatas kepada hal-hal yang sakral saja, melainkan juga merupakan pola kehidupan manusia secara keseluruhan. Untuk itu sasaran Gerakan Pembaharuan atau reformasi adalah ingin mengembalikan ajaran Islam kepada proporsi yang sebenarnya, yang berpedoman kepada Al Qur’an dan Hadist Rassullulah SAW.
Dengan timbulnya ide pembaharuan itu, maka Gerakan Pembaharuan di dunia Islam bermunculan, seperti di Turki (1720), Mesir (1807). Begitu juga penganjurnya seperti Rifaah Badawi Ath Tahtawi (1801-1873), Muhammad Abduh (1849-1905), Muhammad Ibnu Abdul Wahab (Wahabisme) di Saudi Arabia (1703-1787), Sayyid Ahmad Khan di India (1817-1898), Muhammad Iqbal di Pakistan (1876-1938) dan lain-lain.[7]

Kedua, Situasi NKRI

Tahun 1596 Cornrlis de Houtman mendarat di Banten. Maka sejak itu pulalah Indonesia dijajah Belanda. Imprealisme Barat selama ± 350 tahun membawa paling tidak 3 (tiga) hal :
·         Penjajahan itu sendiri dengan segala bentuk implikasinya.
·         Missi dan Zending agama Kristiani.
·         Peradaban Barat dengan ciri sekulerisme dan liberalisme.

Setelah melalui perjuangan secara terus menerus dan atas rahmat Allah SWT maka pada tanggal 17 Agustus 1945, Soekarno-Hatta Sang Dwi Tunggal Proklamasi atas nama bangsa Indonesia mengumandangkan kemerdekaannya.
Kondisi Mikrobiologis Ummat Islam di Indonesia.
Kondisi ummat Islam sebelum berdirinya HMI dapat dikategorikan menjadi 4 (empat) golongan, yaitu : Pertama : Sebagian besar yang melakukan ajaran Islam itu hanya sebagai kewajiban yang diadatkan seperti dalam upacara perkawinan, kematian serta kelahiran. Kedua : Golongan alim ulama dan pengikut-pengikutnya yang mengenal dan mempraktekkan ajaran Islam sesuai yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Ketiga : Golongan alim ulama dan pengikut-pengikutnya yang terpengaruh oleh mistikisme yang menyebabkan mereka berpendirian bahwa hidup ini adalah untuk kepentingan akhirat saja. Keempat : Golongan kecil yang mencoba menyesuaikan diri dengan kemajuan jaman, selaras dengan wujud dan hakekat agama Islam. Mereka berusaha supaya agama Islam itu benar-benar dapat dipraktekkan dalam masyarakat Indonesia.[8]( kayaknya ini bukan disini tempatnya)

Ketiga, Kondisi Perguruan Tinggi dan Dunia Kemahasiswaan.

            Ada dua faktor yang sangat dominan yang mewarnai Perguruan Tinggi (PT) dan dunia kemahasiswaan sebelum HMI berdiri. Pertama: sisitem yang diterapkan dalam dunia pendidikan umumnya dan PT khususnya adalah sistem pendidikan barat, yang mengarah kepada sekulerisme yang “mendangkalkan agama disetiap aspek kehidupan manusia”. Kedua : adanya Perserikatan MAHASISWA Yogyakarta (PMY) dan Serikat Mahasiswa Indonesia (SMI) di Surakarta dimana kedua organisasi ini dibawah pengaruh Komunis. Bergabungnya dua faham ini (Sekuler dan Komunis), melanda dunia PT dan Kemahsiswaan, menyebabkan timbulnya “Krisis Keseimbangan” yang sangat tajam, yakni tidak adanya keselarasan antara akal dan kalbu, jasmani dan rohani, serta pemenuhan antara kebutuhan dunia dan akhirat.


Keempat, saat berdirinya HMI

                        Berdirinya Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) diprakasai oleh Lafran Pane, seorang mahasiswa STI (Sekolah Tinggi Islam), kini UII (Universitas Islam Indonesia) yang masih duduk ditingkat I yang ketika itu genap berusia 25 tahun. Tentang sosok Lafran Pane, dapat diceritakan secara garis besarnya antara lain bahwa Pemuda Lafran Pane lahir di Sipirok-Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Beliau adalah anak seorang Sutan Pangurabaan Pane –tokoh pergerakan nasional “serba komplit” dari Sipirok, Tapanuli Selatan-.
                        Lafaran Pane adalah sosok yang tidak mengenal lelah dalam proses pencarian jati dirinya, dan secara kritis mencari kebenaran sejati. Lafran Pane kecil, remaja dan menjelang dewasa yang nakal, pemberontak, dan “bukan anak sekolah yang rajin” adalah identitas fundamental Lafran sebagai ciri paling menonjol dari Independensinya. Sebagai figur pencarai sejati, independensi Lafran terasah, terbentuk, dan sekaligus teruji, di lembaga-lembaga pendidikan yang tidak Ia lalui dengan “Normal” dan “lurus” itu (-Walau Pemuda Lafran Pane yang tumbuh dalam lingkungan nasionalis-muslim terpelajar pernah juga menganyam pendidikan di Pesantren Ibtidaiyah, Wusta dan sekolah Muhammadiyah-) ; pada hidup berpetualang di sepanjang jalanan kota Medan, terutama di kawasan Jalan Kesawan; pada kehidupan dengan tidur tidak menentu; pada kaki-kaki lima dan emper pertokoan; juga pada kehidupan yang Ia jalani dengan menjual karcis bioskop, menjual es lilin, dll.
                        Dari perjalanan hidup Lafran dapat diketahui bahwa struktur fundamental independensi diri Lafran terletak pada kesediaan dan keteguhan Dia untuk terus secara kritis mencari kebenaran sejati dengan tanpa lelah, dimana saja, kepada saja, dan kapan saja.
                        Adapun latar belakang pemikirannya dalam pendirian HMI adalah: “Melihat dan menyadari keadaan kehidupan mahasiswa yang beragama Islam pada waktu itu, yang pada umumnya belum memahami dan mengamalkan ajaran agamanya. Keadaan yang demikian adalah akibat dari sitem pendidikan dan kondisi masyarakat pada waktu itu. Karena itu perlu dibentuk organisasi untuk merubah keadaan tersebut. Organisasi mahasiswa ini harus mempunyai kemampuan untuk mengikuti alam pikiran mahasiswa yang selalu menginginkan inovasi atau pembaharuan dalam segala bidang, termasuk pemahaman dan penghayatan ajaran agamanya, yaitu agama Islam. Tujuan tersebut tidak akan terlaksana kalau NKRI tidak merdeka, rakyatnya melarat. Maka organisasi ini harus turut mempertahankan Negara Republik Indonesia kedalam dan keluar, serta ikut memperhatikan dan mengusahakan kemakmuran rakyat”.
            Setelah beberapa kali mengadakan pertemuan yang berakhir dengan kegagalan. Lafran Pane mengadakan rapat tanpa undangan, yaitu dengan mengadakan pertemuan secara mendadak yang mempergunakan jam kuliah Tafsir. Ketika itu hari Rabu tanggal 14 Rabiul Awal 1366 H, bertepatan dengan 5 Februari 1947, disalah satu ruangan kuliah STI di Jalan Setiodiningratan (sekarang Panembahan Senopati), masuklah mahasiswa Lafran Pane yang dalam prakatanya dalam memimpin rapat antara lain mengatakan “Hari ini adalah pembentukan organisasi Mahasiswa Islam, karena persiapan yang diperlukan sudah beres. Yang mau menerima HMI sajalah yang diajak untuk mendirikan HMI, dan yang menentang biarlah terus menentang, toh tanpa mereka organisasi ini bisa berdiri dan berjalan”. Lafran Pane mendirikan HMI bersama 14 orang mahasiswa STI lannya, tanpa campur tangan pihak luar.[9]

2.2 SEJARAH LAHIRNYA NDP HMI

2.2.1  Pengertian NDP
Sejak awal HMI telah mencantumkan “Menegakkan dan mengembangkan ajaran agama Islam” sebagai salah satu tujuannya, di samping “Mempertahankan dan mempertinggi derajat rakyat Indonesia”. Dengan demikian, Islam telah dijadikan sebagai landasan organisasi. Dalam hal ini HMI tidak mendasarkan diri pada “mazhab” tertentu, walau kemudian dalam pola pemikirannya HMI cenderung sebagai kelompok intelektual muslim pembaharu.
Dari situ HMI menuangkan pemahaman keislamannya yang tertampung dalam sebuah buku pedoman yang diberi nama Nilai Dasar Perjuangan (NDP). NDP merupakan gambaran bagaimana seorang HMI memahami Islam sebagaimana tercantum dalam al-Quran. Secara doktrin, yang terkandung dalam NDP bukanlah ajaran yang bertentangan dengan Islam, melainkan merupakan formulasi kembali atas al-Quran sehingga tertuang menjadi suatu kepribadian bagi kader HMI dalam mewujudkan amanat Tuhan sebagai khalifah fil-ardhi.
NDP adalah landasan ideologis perjuangan HMI, sebagai ruh yang mendorong moral pergerakan kader. Pemahaman terhadap NDP diharapkan dapat menumbuhkan kepercayaan diri kader akan keyakinan ilahiahnya, membangun semangat humanisme dalam interaksi dengan sesama manusia, dan sebagai sumber nilai moral yang mengiringi ilmu pengetahuan untuk diabdikan bagi kemanusiaan. Dengan demikian nilai-nilai NDP bisa menjadi identitas yang khas bagi kader-kader HMI.[10]
            Nurcholis Madjid disebut-sebut sebagai orang yang merumuskan NDP, meskipun diformalkan oleh kongres Malang. Itu terjadi 17 Tahun yang Lalu. Jadi sebagai dokumen organisasi, apalagi oraganisasi mahasiswa, NDP itu cukup tua. Oleh karena itu, ada teman-teman berbicara tentang NDP dan kemudian mengajukan gagasan misalnya untuk tidak mengatakan mengubah-mengembangkan dan sebagainya, maka Nurcholish Madjid selalu mengatakan dalam bukunya bahwa dengan sendirinya NDP mungkin saja diubah dalam arti dikembangkan.[11]
            Values (nilai-nilai) tentu saja tidak berubah-ubah. Kalau disitu misalnya ada nilai tauhid, tentu saja tidak berubah-ubah. Akan tetapi pengungkapan dan tekanan pada implikasi NDP itu mungkin bahkan bisa diubah. Sebab, sepanjang sejarah, Tauhid wujudnya sama, yaitu paham pada ketuhanan Yang Maha Esa. Akan tetapi tekanan implikasinya itu berubah-ubah. Dapat kita melihat pada tekanan misi pada rasul-rasul itu berubah. Misalnya Isa Al-Masih datang untuk mengubah Taurat. (Agar aku halalkan bagi kamu sebagian yang diharamkan bagi kamu). Nabi Isa Datang menghalalkan sebagian yang diharamkan pada perjanjian lama. Jadi implikasi tauhid itu berubah-ubah mengikuti perkembangan zaman.
2.2.2 Sejarah Lahirnya NDP
Rumusan NDP seperti yang kita lihat sekarang bukanlah hasil yang sekali jadi, melainkan hasil perkembangan pemikiran dan penghayatan mendalam atas sejarah perjuangan HMI secara keseluruhan. Bahkan kalau kita hitung jarak antara berdirinya HMI dengan perumusan NDP, tercatat waktu lebih 20 tahun.
Secara sosiologis, NDP dirumuskan dalam kancah pertarungan ideologi-ideologi besar yang ada pada saat itu. Nasionalisme Bung Karno, Komunisme PKI, dan Sosialisme PSI adalah ideologi-ideologi yang secara umum berebut pengaruh. Di samping itu yang juga mendorong perumusan NDP adalah perlawatan Nurcholish Madjid ke Amerika (Oktober 1968) atas beasiswa sebagai pemimpin mahasiswa dari Council for Leaders and Specialist, Washington. Namun menurutnya yang banyak memberikan terhadap sikap dan gagasannya bukan itu, melainkan kunjungannya ke beberapa negara di Timur Tengah (Turki, Libanon, Syiria, Irak, Kuwait, Saudi, Sudan dan Mesir) selama empat bulan setelah lawatannya ke Amerika.
Faktor-faktor berikut dikemukakan Cak Nur sebagai hal yang menginspirasikan perumusan NDP: pertama, tidak adanya bacaan yang komprehensif dan sistematis tentang ideologi Islam. Kedua, kecemburuan terhadap anak-anak muda komunis yang oleh partainya disediakan buku pedoman kecil berjudul Pustaka Kecil Marxis (PKM). Ketiga, ketertarikan terhadap buku kecil yang ditulis oleh Willy Eihleir, Fundamental Values and Basic Demand of Democratic Socialis. Tulisan ini merupakan upaya reformasi ideologis bagi partai sosialis demokrat Jerman di Jerman Barat.[12]
Karena itu jelas bahwa dari latar belakang perumusannya Nurcholish Madjid ingin menempatkan NDP sebagai idelogi bagi HMI, yang diharapkan dapat menandingi ideologi-ideologi lain yang berkembang pada saat itu.

Inti NDP : Beriman, Berilmu, Beriman.
            Jika kita perhatikan Secara garis besar, ada tujuh persoalan yang dibahas dalam NDP, yaitu:
1)      Dasar-dasar Kepercayaan
2)      Pengertian-pengertian Dasar tentang Kemanusiaan.
3)      Kemerdekaan Manusia (ikhtiar) dan Keharusan Universal (Takdir).
4)       Ketuhanan Yang Maha Esa dan Perikemanusiaan.
5)      Individu dan Masyarakat.
6)      Keadilan Sosial dan Ekonomi.
7)      Kemanusiaan dan Ilmu Pengetahuan.
 Ketujuh persoalan itu secara sederhana dapat diintisarikan dalam tiga kata: iman, ilmu, amal.[13]
Iman, adalah bentuk kepercayaan yang paling mendasar dalam diri manusia. Hidup yang benar dimulai dengan iman yang benar. Iman yang benar adalah percaya kepada Allah, Tuhan Yang Maha Esa, disertai takwa, yaitu keinginan mendekat serta kecintaan kepadaNya. Manusia berhubungan dengan Tuhan dalam bentuk penghambaan atau penyerahan diri (islam), berupa ibadah (pengabdian formil/ritual). Ibadah mendidik individu agar tetap ingat kepada Tuhan dan berpegang teguh pada kebenaran sebagaimana dikehendaki oleh hati nurani yang hanif. Dengan ibadat, manusia dididik untuk memiliki kemerdekaannya, kemanusiaannya, dan dirinya sendiri; sebab ia telah berbuat ikhlas, yaitu memurnikan pengabdian hanya kepada kebenaran (Tuhan) semata-mata. Inilah yang disebut tauhid. Lawannya adalah syirik, yaitu memperhambakan diri kepada sesuatu selain Tuhan. Syirik merupakan kejahatan terbesar bagi kemanusiaan karena sifatnya yang meniadakan kemerdekaan asasi.
Tuhan adalah mutlak. Kebenaran Tuhan dengan demikian bersifat mutlak. Yang selain Tuhan (baca: manusia) adalah relatif. Namun sudah merupakan tugas sejarah bagi yang relatif ini untuk terus-menerus berupaya mencapai Yang Mutlak, karena dari sanalah manusia berasal dan kepada-Nyalah manusia kembali. Kembali kepadaNya berarti menuju kepada Kebenaran. Namun Kebenaran yang sifatnya mutlak tidak mungkin dicapai oleh manusia. Manusia hanya dapat mencapai kebenaran-(kebenaran) yang relatif. Untuk itu manusia memerlukan ilmu, yang merupakan alat manusia untuk mencari dan menemukan kebenaran-kebenaran itu. Sekalipun relatif, kebenaran-kebenaran itu merupakan tonggak sejarah yang mesti dilalui manusia dalam perjalanan menuju Kebenaran Mutlak.
Ilmu adalah pengertian yang dipunyai oleh manusia secara benar tentang alam dan dirinya sendiri. Hubungan manusia dengan alam bersifat penguasaan dan pengarahan. Alam tersedia bagi manusia untuk kepentingan pertumbuhan kemanusiaan. Penguasaan dan pengarahan itu tidak mungkin dilaksanakan tanpa pengetahuan tentang hukum-hukumNya yang tetap (sunnatullah). Pengetahuan itu dapat dicapai dengan mendayagunakan intelektualitas rasionalitas secara maksimal.
Manusia adalah makluk sosial, hidup di antara dan bersama manusia-manusia lain dalam hubungan tertentu. Oleh karena itu manusia tidak mungkin dapat memenuhi kemanusiaannya dengan baik tanpa berada di tengah sesamanya. Iman dan ilmu saja tidaklah berarti apa-apa jika tidak diterapkan dalam bentuk kerja nyata bagi kemanusiaan. Inilah yang disebut amal. Kerja kemanusiaan atau amal saleh mengambil bentuknya yang utama dalam usaha yang sungguh-sungguh secara esensial menyangkut kepentingan manusia secara keseluruhan, yaitu menegakkan keadilan dalam masyarakat sehingga setiap orang memperoleh harga diri dan martabat sebagai manusia.
Dengan integrasi iman, ilmu, dan amal itulah manusia akan mampu memenuhi kodratnya, yaitu sebagai hamba di hadapan Tuhan dan sebagai khalifah di hadapan alam. Cita-cita ideal HMI kiranya tertuang dalam NDP tersebut. menjadi manusia kreatif yang mampu berinovasi dalam kerja-kerja nyata demi mempertinggi harkat kemanusiaan (amal saleh); disertai ilmu sebagai alat untuk melakukan itu; dan tentu saja dilandasi oleh iman yang benar.[14]

2.3   NDP SEBAGAI LANDASAN IDEOLOGI HMI
Sebagaimana telah disebutkan diatas bahwa NDP merupakan landasan fisosofis dan landasan ideologi Perjuangan HMI, maka pengetahuan mengenai NDP merupakan titik tolak yang Sangat penting bagi setiap kader HMI karena itu merupakan landasan ideologinya. Sebagai kader HMI tentunya harus mengetahui ketujuh bab yang termasuk dalam NDP, mulai dari dasar kepercayaan sampai kemanusiaan dan ilmu pengetahuan yang kesemuanya itu juga membutuhkan penelaahan yang objektif rasional dan pada akhirnya dikembalikan pada Allah sebagai asal dari semua kebenaran. Dalam hal itulah Epistemologi NDP harus benar benar dikuasai setiap kader HMI. sehingga setiap kader HMI harus mampu memahami nilai dasar perjuangan bukan hanya pada tataran yang formal tapi juga secara substansial sehingga tidak ada kontradiksi pada tataran konsep dan taktis melainkan sebuah keserasian antara landasan konseptual yang diterjemahkan pada wilayah starategis dan kebijakan yang taktis atau operasional.
Selama ini HMI dikenal dengan tradisi pembaharuannya. Dalam pembaharuan akan selalu ada kritik dan otokritik terhadap segala sesuatu yang ada. Hal ini memungkinkan adanya perbaikan dan pengembangan ke arah yang lebih baik.
Meskipun NDP berpretensi ideologis, NDP tidak boleh diperlakukan sebagai dogma yang taken for granted oleh kader-kader HMI. NDP bagi HMI tidaklah sama dengan al-Quran bagi umat Islam. Bagaimana pun NDP adalah buatan manusia. Karena itu meskipun perumusannya didasarkan pada wahyu yang bersifat mutlak, NDP tak lebih dari sekadar hasil interpretasi manusia yang nilai kebenarannya relatif. NDP bolehlah dikatakan sebagai satu usaha berupa landasan filosofis untuk mencapai Yang Mutlak, Kebenaran, yaitu Tuhan itu sendiri. Keberadaan NDP harus disikapi secara kritis. Cak Nur sendiri, selaku salah seorang perumus NDP, ketika ditanya apakah NDP masih relevan dengan kondisi sekarang ataukah perlu diganti, mengatakan bisa saja, asal tingkat intelektualitasnya tidak lebih rendah dari yang ada sekarang.[15]
NDP HMI tidak  lahir begitu saja tanpa landasan historis. Ia lahir berkenaan dengan kondisi HMI yang hingga tahun 1970 tidak memiliki sebuah buku tentang islam yang dijadikan pegangan dan landasan untuk berjuang bagi kader-kadernya. Jika pada jaman Che Guevara pengikut gerakannya diberikan sebuah buku kecil berisikan doktrin-doktrin penyemangat perjuangan mereka, NDP bisa juga merupakan buku kecil berisikan doktrin-doktrin perjuangan HMI semacam itu. Bedanya adalah buku kecil milik Che tidak seplural dan terbuka seperti halnya NDP di HMI, sehingga membuka ruang selebar-lebarnya untuk ditafsirkan.
   Cara berfikir yang hendak dituju NDP adalah cara berfikir yang kritis, dimana tidak hanya ada hitam dan putih melainkan juga abu-abu, hijau, kuning, biru, merah, dsb. Pola pikir yanag semacam itu akan membuat kader terjebak dalam tempurung dan tidak dapat memikirkan alternatif lainnya. Padahal bisa jadi kebenaran yang dia maksud adalah hasil konstruksi dia sendiri dan seringkali menganggap hasil pikiran orang lain salah. Model seperti ini bisa disebut pola berfikir dogmatis dimana seseorang tidak mau menerima kebenaran yang bersumber dari orang lain. Tentu saja, karena ia telah menganggap pikirannyalah yang paling benar.
Dalam rangka mengantisipasi dan menghindarkan hal ini terjadi pada diri kader HMI, NDP memberikan penekanan akan pentingnya dasar-dasar kepercayaan yang menggiring kita sebagai kader HMI untuk melihat bahwa yang benar itu hanyalah Allah, sedangkan yang lainnya adalah relatif. Implikasinya adalah bahwa kader HMI akan memiliki watak yang dinamis dan progresif untuk selalu mencari dan menemukan kebenaran tersebut. bagaimanapun juga, kebenaran yang absolut tidak akan terpenuhi tanpa melakukan eksperimentasi terhadap kebenaran-kebenaran relatif. Ketika melakukan eksperimentasi kebenaran-kebenaran relatif tersebut maka pemikiran akan sepenuhnya berikut dengan perangkat-perangkat ilmu pengetahuan yang dimiliki.

2.4. INTERNALISASI NDP UNTUK MEWUJUDKAN KADER HMI YANG BERKUALITAS

            Membicarakan NDP HMI sama artinya kita sedang membicarakan sebuah naskah keislaman yang telah berumur puluhan tahun (1969-2008). Kendatipun NDP mengalami perubahan nama, (NIK-NDP) namun tetap awet dan masih relevan dengan konteks kekinian. Pertanyaannya adalah, mengapa NDP HMI dapat bertahan dalam rentang waktu yang panjang ? Sebabnya adalah NDP sesungguhnya merupakan kumpulan nilai-nilai universal yang diderivasi dari Al-Qur’an dan Hadis. Nilai tentu saja mengatasi ruang dan waktu. Nurcholish Madjid sering menyebut NDP itu adalah “Al-Qur’an kecil” minus kisah (al-qasas) dan aturan-aturan hukum. Tidak berlebihan jika disebutkan bila kita memahami NDP sama artinya kita memahami sebagian besar ajaran pokok Islam.
            Tanpa bermaksud merendahkan apa lagi melecahkan upaya yang dilakukan sebagian teman-teman untuk merubah NDP, saya melihat dari sisi kadar intelektualitas, “NDP baru” sangat rendah. Apa yang pernah dikhawatrikan Nurkholish Madjid sudah terbukti. Cak Nur pernah mengatakan :
…Jadi kalau ingin direvisi, apa lagi sudah berumur 16 tahun  (wawancara ini tahun 1985), barangkali memang sudah waktunya, tetapi jangan sampai “intelektual levelnya” menurun, sebab bangsa ini makin cerdas dan makin sophisticated.[16]
            Ketuhanan dan kemanusiaan adalah inti atau jantung Islam yang terdapat di dalam NDP. Tentu di samping ketuhanan dan kemanusiaan, ada inti-inti lainnya, yaitu keharusan universal, keadilan, dan ilmu pengetahuan, yang semuanya bermuara pada paham tauhid. Tidak berlebihan, jika NDP HMI itu dipahami dengan baik, akan membawa akibat yang sangat positif pada diri kader. Azhari Akmal Tarigan menyebutnya dengan potret insan kamil. Masalahnya sekarang adalah, bagaimana menginternalisasikan nilai-nilai NDP HMI ke dalam kader-kader HMI agar ia memiliki pengaruh yang positif di dalam kehidupan sehari-harinya.
Internalisasi NDP HMI tetaplah menjadi persoalan yang cukup serius di dalam tubuh HMI. Berbagai macam persoalan yang muncul di HMI, selalu saja dihubungkan dengan keberadaan NDP. Jika saat ini HMI kurang diminati oleh mahasiswa di kampus-kampus besar, dan cenderung tidak terlihat warna keislamannya, yang dipertanyakan adalah NDP HMI. Tentu saja tuduhan ini tidak salah, kendatipun tidak sepenuhnya benar. Yang jelas, jika kita merujuk ke sejarah perumusan NDP HMI, nyatalah bahwa alasan Cak Nur menyusun NDP HMI agar anak-anak HMI memiliki identitas keislaman yang khas. Dalam sebuah kesempatan, Cak Nur menyatakan tujuan NDP HMI adalah agar kader HMI tidak berpikir hitam putih, dan sebaliknya mampu berpikir inklusiv.[17] Sepertinya cak Nur sadar betul tentang ruang dan waktu di mana HMI akan tumbuh dan besar.
Pada dasarnya, Islam mengajak seluruh ummat manusia pada hal-hal yang memiliki nilai yang sangat penting dalam kehidupan ini. Karena itu, Islam tidak memerintahkan pada umatnya untuk melakukan hal-hal sepele yang tak bernilai. Secara ringkas Islam memerintahkan kepada semua pengikutnya agar menundukkan jiwa dan segala bentuk meteri hanya untuk Allah Subhanahu wa ta’ala semata.[18]
Lagi-lagi masalahnya adalah bagaimana menginternalisasikannya pada diri kader. Menurut penulis hal pertama yang dilakukan adalah merumuskan metode penyampaian NDP HMI yang lebih menyentuh, tidak saja logika tetapi juga emosi bahkan spiritual. Bagaimanapun juga ada sisi NDP yang penekanannya pada aspek logika namun ada pula yang penekannya pada aspek emosi dan spiritual. Jika ketiga kecerdasan ini dapat difungsikan dalam proses transformasi NDP ke dalam diri kader, maka proses internalisasi menjadi lebih mudah dilakukan.
Selanjutnya, adalah penting untuk mendekatkan jarak NDP dengan kehidupan keberagamaan kader. Harus dicatat, kader-kader yang memilih HMI sebagai wadah untuk mengembangkan potensi dirinya adalah mereka yang hidup dalam suasana kehidupan religius tertentu. Pemahaman dan pengalaman keagamaan mereka yang selama ini telah terbangun dengan baik, tidak boleh dinafikan begitu saja. Namun sebaliknya, semuanya harus dijadikan bahan untuk memperkaya “tafsir NDP’ itu sendiri.
            Namun di atas segala-galanya, proses pemahaman dan internalisasi NDP HMI tidak dapat sekali jalan. Ia mestilah menjadi sebuah proses yang berkelanjutan. Untuk itu, keberadaan kelompok-kelompok studi terlebih yang mengkhususkan diri dalam kajian NDP menjadi sangat penting.
            NDP HMI adalah kumpulan nilai-nilai dasar sebagaimana yang terdapat di dalam Al-Qur’an. Nilai tentu saja sangat abstrak dan universal. Ini merupakan tugas kader HMI untuk selalu menterjemahkan nilai-nilai tersebut agar tetap relevan dengan konteks kekinian. Tegasnya, nilai NDP itu akan bersifat tetap, namun tekanannya bisa saja berbeda pada setiap zaman.
























BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
             NDP merupakan landasan fisosofis dan landasan ideologi Perjuangan HMI, maka pengetahuan mengenai NDP merupakan titik tolak yang Sangat penting bagi setiap kader HMI karena itu merupakan landasan ideologinya. Sebagai kader HMI tentunya harus mengetahui ketujuh bab yang termasuk dalam NDP.
            Jika kita perhatikan Secara garis besar, ada tujuh persoalan yang dibahas dalam NDP, yaitu:
1)      Dasar-dasar Kepercayaan
2)      Pengertian-pengertian Dasar tentang Kemanusiaan.
3)      Kemerdekaan Manusia (ikhtiar) dan Keharusan Universal (Takdir).
4)       Ketuhanan Yang Maha Esa dan Perikemanusiaan.
5)      Individu dan Masyarakat.
6)      Keadilan Sosial dan Ekonomi.
7)      Kemanusiaan dan Ilmu Pengetahuan.

Internalisasi NDP HMI tetaplah menjadi persoalan yang cukup serius di dalam tubuh HMI. Berbagai macam persoalan yang muncul di HMI, selalu saja dihubungkan dengan keberadaan NDP. Jika saat ini HMI kurang diminati oleh mahasiswa di kampus-kampus besar, dan cenderung tidak terlihat warna keislamannya, yang dipertanyakan adalah NDP HMI.
3.2 Saran
    Karena masih kurangnya pendalaman tentang Nilai-Nilai Dasar Perjuangan yang dimiliki penulis, dengan ini penulis menyarankan kepada siapapun yang membaca makalah ini untuk dapat memberikan pemikiran-pemikran dan saran-saran yang bersifat kostruktif demi pengembangan tulisan ini kedepan. Marilah kita pelajari NDP dan subtansinya supaya dapat kita internalisasikan atau implementasikan juga kita jadikan sebagai landasan yang tidak hanya sebagai sebuah formalitas belaka.



DAFTAR PUSTAKA

Prof. Dr. H. Agussalim Sitompul, 44 Indikator Kemunduran HMI, (Jakarta: Penerbit “Misaka Galiza”, 2005)

Syaikh Abd Abdul Khaliq, Kiat Sukses Dalam Dakwah,(Jakarta: Penerbit “Pustaka Qalami”,2004)

Ahmad Nasir Siregar, Manifiaesto Politik HMI, (Jakarta: Penerbit “Padepokan Salemba”,2010)

PB HMI, Hasil-hasil Kongres HMI XXVII, (Depok: Penerbit “Erdino Mutiara Agung”,2010)

Miftah Thoha, Perilaku Organisasi; Konsep Dasar dan Aplikasinya, (Jakarta: Penerbit “Raja Grafindo Persada”, 2003)

Miftah Thoha, Pembinaan Organisasi; Proses Diagnosa & Intervensi, (Jakarta: Penerbit “Raja Grafindo Persada”, 1989)


Agussalim Sitompul, Pemikiran Hinpunan Mahasiswa Islam (HMI) Tentang Keislaman-Keindoneisaan 1947-1997, (Disertasi pada Pascasarjana IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta),Yogyakarta 2001

Nurcholish Madjid, “Latar Belakang Perumusan NDP HMI” dalam, Azhari Akmal Tarigan, “Islam Mazhab HMI :tTafsir Tema Besar Nilai Dasar Perjuangan, (Jakarta: Kultura, 2007) h. ix-xxxii


http://Nilai Dasar Perjuangan HMI « Blog Asep Sofyan.html






[1] Miftah Thoha, Perilaku Organisasi; Konsep Dasar dan Aplikasinya, (Jakarta: Penerbit “Raja Grafindo Persada”, 2003), hal. 5.
[2] Prof. Dr. H. Agussalim Sitompul, 44 Indikator Kemunduran HMI, (Jakarta: Penerbit “Misaka Galiza”, 2005), hal.xxvii.
[5] Agussalim Sitompul, Pemikiran Hinpunan Mahasiswa Islam (HMI) Tentang Keislaman-Keindoneisaan 1947-1997, (Disertasi pada Pascasarjana IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta),Yogyakarta 2001, hal. 49.
[6] Prof. Dr. H. Agussalim Sitompul, 44 Indikator Kemunduran HMI, (Jakarta: Penerbit “Misaka Galiza”, 2005), hal. 24.
[7] http://insanlimacita.wordpress.com/2007/12/14/latar-belakang-sejarah-berdirinya-hmi/ 
[8] http://insanlimacita.wordpress.com/2007/12/14/latar-belakang-sejarah-berdirinya-hmi/ 
[9] http://insanlimacita.wordpress.com/2007/12/14/latar-belakang-sejarah-berdirinya-hmi/ 
[10] http://Nilai Dasar Perjuangan HMI « Blog Asep Sofyan.html.
[11] PB HMI, Hasil-hasil Kongres HMI XXVII, (Depok: Penerbit “Erdino Mutiara Agung”,2010), hal.128.
[12] http://Nilai Dasar Perjuangan HMI « Blog Asep Sofyan.html.
[13] PB HMI, Hasil-hasil Kongres HMI XXVII, (Depok: Penerbit “Erdino Mutiara Agung”,2010), hal.132.
[14] http://Nilai Dasar Perjuangan HMI « Blog Asep Sofyan.html.
[15] http://Nilai Dasar Perjuangan HMI « Blog Asep Sofyan.html
            [16] Majalah Suara Himpunan tahun 1985 yang memuat wawancara Nurcholish Madjid.
            [17]Nurcholish Madjid, “Latar Belakang Perumusan NDP HMI” dalam, Azhari Akmal Tarigan, “Islam Mazhab HMI :tTafsir Tema Besar Nilai Dasar Perjuangan, (Jakarta: Kultura, 2007) h. ix-xxxii
[18] Syaikh Abd Abdul Khaliq, Kiat Sukses Dalam Dakwah,(Jakarta: Penerbit “Pustaka Qalami”,2004),hal.69-70

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More