widget

Anda ingin membuat buat Buku Tamu seperti ini?
Klik di sini

Friday, December 14, 2012

Layanan OTT Bikin Betah Pelanggan Data XL

JAKARTA - Operator XL Axiata menilai layanan Over The Top (OTT) seperti yang disediakan Google, Facebook dan What'sApp tidak perlu dianggap sebagai ancaman. Pasalnya keberadaan layanan mereka juga membantu menggaet kesetiaan pelanggan data.

Vice President Digital Service XL Axiata, Joedi Wisuda mengatakan, tanpa layanan OTT, pelanggan data XL mencapai churn rate (level rata-rata pelanggan beralih ke operator lain) 22,5 persen.

"Sementara dengan menawarkan layanan OTT, churn rate pelanggan data jadi 4 persen," ujarnya dalam seminar OTT: Friend or Foe, di Jakarta, Selasa (18/12/2012).

Saat ini, XL sendiri memiliki pelanggan data sekira 25 juta pengguna dari total 42,3 juta pelanggan seluler yang dimilikinya. Sedangkan pelanggan yang menggunakan smartphone di jaringan XL ada sekira 6 juta atau 14 persen dari total pelanggan.

"Agak sulit juga untuk membuat konsumen menggunakan layanan operator dan meninggalkan layanan yang biasa mereka pakai, seperti Skype," papar Joedi.

"Akhirnya kami memilih untuk menggandeng OTT karena masih menguntungkan. Tidak hanya dijadikan kawan, tapi lebih lagi jika dijadikan kawan baik," Joedi melanjutkan.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More