JAKARTA - Operator XL Axiata menilai layanan Over The
Top (OTT) seperti yang disediakan Google, Facebook dan What'sApp tidak
perlu dianggap sebagai ancaman. Pasalnya keberadaan layanan mereka juga
membantu menggaet kesetiaan pelanggan data.
Vice President Digital Service XL Axiata, Joedi Wisuda mengatakan, tanpa layanan OTT, pelanggan data XL mencapai churn rate (level rata-rata pelanggan beralih ke operator lain) 22,5 persen.
"Sementara dengan menawarkan layanan OTT, churn rate pelanggan data jadi 4 persen," ujarnya dalam seminar OTT: Friend or Foe, di Jakarta, Selasa (18/12/2012).
Saat
ini, XL sendiri memiliki pelanggan data sekira 25 juta pengguna dari
total 42,3 juta pelanggan seluler yang dimilikinya. Sedangkan pelanggan
yang menggunakan smartphone di jaringan XL ada sekira 6 juta atau 14 persen dari total pelanggan.
"Agak
sulit juga untuk membuat konsumen menggunakan layanan operator dan
meninggalkan layanan yang biasa mereka pakai, seperti Skype," papar
Joedi.
"Akhirnya kami memilih untuk menggandeng OTT karena masih
menguntungkan. Tidak hanya dijadikan kawan, tapi lebih lagi jika
dijadikan kawan baik," Joedi melanjutkan.
0 comments:
Post a Comment